Dunia Psikologi Perkembangan...

Dunia Fantastis..

Sabtu, 19 Juni 2010

Anak dan Sekolah

Pendidikan sangat penting bagi perkembangan anak. Melalui pendidikan, anak memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru yang sebelumnya belum ia ketahui. Pendidikan dapat diperoleh melalui bermacam-macam media. Baik itu dari orang tuanya sendiri, tempat bermain,maupun sekolah. Untuk anak yang berusia 2-4 tahun ada wadah yang disebut dengan PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini), untuk memberikan pendidikan pengetahuan dasar sebelum anak memasuki TK. Kemudian ada wadah yang disebut dengan Day Care. Apakah Day Care itu??
Day Care adalah salah satu bentuk usaha kesejahteraan anak bagi anak yang orangtuanya tidak berkesempatan menyelenggarakan usaha kesejahteraan anak pada waktu mereka bekerja, yang juga menyelenggarakan pendidikan prasekolah bagi anak usia 3 tahun sampai memasuki pendidikan dasar.
Pekerjaan orang tua menentukan lebih dari sekedar sumber finansial keluarga. Banyak waktu, usaha, dan keterlibatan emosional orang dewasa dicurahkan kedalam pekerjaan mereka. Day Care dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anak yang orang tuanya sibuk bekerja. Namun Day Care juga pasti menimbulkan berbagai macam dampak bagi perkembangan anak.
Dampak penitipan anak secara dini dapat bergantung pada jenis, jumlah, kualitas, dan stabilitas pengasuhan, serta penghasilan keluarga dan usia saat anakmulai mendapatkan pengasuhan nonmaternal. Temperamen dan gender dapat membuahkan perbedaan. Di tempat penitipan anak, anak pemalu cenderung lebih stres dibandingkan dengan anak yang mudah bersosialisasi. Kualitas pengasuhan tempat penitipan anak berkontribusi terhadap kompetensi kognitif dan psikososial. Kualitas pengasuhan tempat penitipan anak dapat diukur melalui karakteristik struktural, seperti pelatihan staf dan rasio anak terhadap pengasuh. Hal tersebut lebih mudah dikelola dan diukur daripada karakteristik proses seperti kehangatan, sensitivitas, dan keresponsifan pengasuh serta kecocokan dengan tahap perkembangan dari bebagai aktivitas yang dilakukan.
Elemen terpenting kualitas tempat penitipan anak adalah pengasuh ; merangsang interaksi dengan orang tua yang responsif penting bagi perkembangan kognitif, linguistik, dan psikososial pada masa dini. Pergantian staf yang rendah juga penting, anak butuh pengasuhan yang konsisten untuk mengembangkan rasa percaya dan kelekatan yang aman. Stabilitas pengasuhan memfasilitasi koordinasi antara orang tua dan pemberi layanan penitipan anak, yang dapat membantu melindungi dari pengaruh negatif berkepanjangan tempat penitipan anak.
Sebagai orang tua, tentunya ingin yang terbaik untuk anaknya, maka sebelum mendaftarkan anak pada Day Care, ada baiknya orang tua dapat mempertimbangkan terlebih dahulu segala dampak negatif dan positif dari Day Care.
Adapun daftar pertanyaan untuk memilih fasilitas penitipan anak yang baik.
1.Apakah fasilitasnya memiliki ijin operasi? Apakah memenuhi standar kesehatan, kebakaran, keamanan?
2.Apakah fasilitasnya bersih dan aman? Apakah memiliki spasi dalam dan luar ruangan yang pantas?
3.Apakah staf pengasuh terlatih dalam hal perkembangan anak?
4.Apakah pengasuh bersikap hangat,penyayang,menerima,responsif dan sensitif?
5.Apakah programnya mengajari kebiasaan sehat?
6.Apakah memberikan keseimbangan antara aktivitas tersruktur dan bermain bebas dan sesuai usia?
7.Apakah materi yang diberikan dapat merangsang penguasaan ketrampilan kognitif dan komunikatif sesuai kecepatan anak belajar?
8.Apakah program yang diadakan dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak, rasa ingin tahu, kreativitas dan disiplin diri?
9.Apakah mendorong anak bertanya, memecahkan masalah, mengutarakan perasaan dan pendapat, dan mengambil keputusan?
10.Apakah menumbuhkan harga diri, hormat pada yang lain, dan ketrampilan sosial?
11.Apakah membantu orang tua meningkatkan ketrampilan mereka membesarkan anak?
Dan lain-lain..tentunya dengan segala pertimbangan agar dapat memberikan manfaat yang positif bagi anak dan orang tua…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar